Sunday, December 9, 2012

Sondang Hutagalung, Aktivis HAM - 10 Desember

 Sondang Hutagalung (lahir di Bekasi, Jawa Barat, 12 Oktober 1989 – meninggal di Jakarta, 10 Desember 2011 pada umur 22 tahun) adalah seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Karno, Jakarta yang tewas pada sekitar pk. 17.45, 10 Desember 2011, setelah membakar dirinya pada Rabu sore 7 Desember 2011 di depan Istana Negara, Jakarta.

Sondang menjabat ketua Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenisme untuk Rakyat Indonesia yang aktif dalam kegiatan "Sahabat Munir". Di mata teman-temannya Sondang adalah aktivis yang sering terlibat dalam upaya advokasi dalam kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia.  
Sondang dilahirkan sebagai anak bungsu dari empat bersaudara keluarga Victor Hutagalung dan Dame Sipahutar. Ayahnya bekerja sebagai sopir taksi, sementara ibunya tidak bekerja. 
10 Desember hari ini bertepatan dengan 1 tahun yg lalu ada satu kisah yang sebetulnya terlalu dini untuk dilupakan. Cerita yang tidak melibatkan orang penting, dan hanya dilakukan seorang pemuda yang memiliki rasa cinta yang besar terhadap bangsa ini. Dia adalah Sondang Hutagalung.Entah apa yang ada di pikiran dia kala itu. Yang pasti, aksi Sondang tersebut membuktikan bahwa dia mencintai negeri ini melebihi rasa cinta terhadap dirinya sendiri.

Sondang, terlalu cepat untuk dilupakan...

Semoga aksi Sondang ini menjadi inspirasi bagi jiwa kaum pemuda untuk lebih mencintai negaranya ... 
sumber: 
http://metro.news.viva.co.id/news/read/270923-profil-sondang-hutagalung--pria-bakar-diri
http://ramalanintelijen.net/?p=4511
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=0CD4QFjAC&url=http%3A%2F%2Fwww.lensaindonesia.com%2F2011%2F12%2F10%2Fayo-bersatu-lindungi-sondang-hutagalung-dari-istana.html&ei=piHFUOPjGoaKrgedmYB4&usg=AFQjCNFAbM6uSMtW_UrI8yRFXbUZyysNTA&sig2=wtw_cMnpDjf-WWTUsk0rHA

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Jansen Daniel - Blog's Design by Freecss | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger